Kajian Peningkatan Pelayanan Bagasi Penumpang Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II - Palembang

Juanda Siahaan(1*)

(1) Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejak pemerintah melakukan deregulasi kebijakan di bidang angkutan udara jumlah perusahaan penerbangan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada saat angkutan udara mengalami peningkatan pelayanan bagasi penumpang pada proses loading dan unloading secara aktual sering terjadinya penyimpangan bagagi hilang, nyasar, rusak dan tidak terbawa serta komplain bagasi. Untuk permasalahan tersebut di atas, maka dilakukan pendekatan metode analisis diskriptif kualitatif. Oleh karena itu, guna menjaga kinerja perusahaan penerbangan agar tidak terjadinya penyimpangan pada proses loading dan unloading dilakukan langkah-langkah mengatasinya melalui : pada saat check in bagasi petugas menegaskan kepada penumpang untuk mengunci bagasi dan tidak menempatkan barang berharga di dalam bagasi, pada area make up bagasi menempatkan petugas yang terdidik/terlatih dan profesional dalam menyortir barang bagasi, waktu pelaksanaan tugas pemindahan bagasi dari area make up ke ship side/pesawat diusahakan dilakukan sesingkat mungkin sesuai waktu yang telah ditetapkan, baggage break down area bagasi menempatkan petugas professional dan pengawas supervise yang berwenang serta penyelesaian kehilangan dan pengembalian (lost and found) dapat diberikan hak kompensasi ganti rugi sesuai peraturan yang berlaku.


Keywords


pelayanan, bagasi, komplain

Full Text:

PDF

References


International Air Transport Association Free Articless, IATA

Kebandarudaraan, Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2001.

Operating Procedure, Standard Ground Handling Agreement, 2002, PT. Gapura Angkasa Penerbangan, Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1992.

Penertiban penumpang. barang dan kargo yang diangkut pesawat udara, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 1989;

Program Nasional Pengamanan Penerbangan Sipil, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 54 Tahun 2004.

Penertiban penumpang, barang dan kargo yang diangkut pesawat udara sipil, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 1989;

Peralatan Penunjang Pelayanan Darat Pesawat Udara (Ground Support Equipment), Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP 75/111/2001.

Statistik Perhubungan Tahun 2005, Ditjen perhubungan Udara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25104/wa.v33i1.40.50-77

Article metrics

Abstract views : 571 | views : 223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

WARTAARDHIA Indexed by:

Sinta Science and Technology IndexGoogle ScholarDirectory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesPKP IndexGarudaDimensionsDimensions

Copyright of Warta Ardhia (e-ISSN:2528-4045, p-ISSN:0215-9066) Sekretariat Jurnal Transportasi Udara, Jl. Medan Merdeka Timur No. 5 A Jakarta Pusat 10110. Tlp. (021) 34832944, Fax. (021) 34832968. Email:litbang_udara@yahoo.co.id; warta.ardhia@gmail.com.

    Creative Commons License 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
  Analytics View My Stats