Pemilihan Moda Transportasi Umum dan Transportasi Online di Kabupaten Kupang

Andi Hidayat Rizal(1*), Thymoty Patrick Bani(2), Dantje A. T. Sina(3), Andi Kumalawati(4)

(1) Universitas Nusa Cendana
(2) Universitas Nusa Cendana
(3) Universitas Nusa Cendana
(4) Universitas Nusa Cendana
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat mengakibatkan terjadinya pergeseran penggunaan transportasi umum konvensional menjadi sistem online. Wilayah Kecamatan Kupang Tengah memiliki populasi yang tinggi dan umumnya bekerja dalam bidang pekerjaan kantoran, perdagangan, dan pendidikan ke Kota Kupang. Hal tersebut mengakibatkan tingkat kemacetan meningkat karena ketersediaan rute yang dilalui transportasi umum sangat terbatas dan jumlah kendaraan pribadi yang melalui jalur tersebut juga cukup tinggi. Hal ini juga menjadikan transportasi umum online menjadi alternatif masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kriteria oleh masyarakat Kecamatan Kupang Tengah yang menjadi prioritas saat melakukan perjalanan dalam menggunakan transportasi umum; (2) mengetahui persentase pemilihan moda transportasi umum antara transportasi umum dan transportasi online dari setiap kriteria di Kecamatan Kupang Tengah; dan (3) mengetahui perbandingan prioritas dalam pemilihan transportasi umum dan transportasi online. Metode penelitian dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process, di mana pertimbangan kriteria yang diukur antara lain: Biaya, Keamanan, Kenyamanan, Waktu Tempuh, dan Ketersediaan. Analisis data diperoleh dengan cara memberikan kuesioner  kepada masyarakat yang berpotensi menggunakan transportasi umum, lalu data tersebut diolah dengan bantuan software Ms. Excel. Hasil yang dicapai dari penelitian: (1)  Kriteria prioritas oleh masyarakat Kecamatan Kupang Tengah dalam melakukan perjalanan meliputi keamanan, ketersediaan, kenyamanan, waktu tempuh, dan biaya; (2) Alternatif transportasi umum yang menjadi prioritas antara lain: kriteria biaya yang menjadi prioritas adalah transportasi umum, kriteria keamanan yang menjadi prioritas adalah transportasi online, kriteria kenyamanan yang menjadi prioritas adalah transportasi online, kriteria waktu tempuh yang menjadi prioritas adalah transportasi online, dan kriteria ketersediaan yang menjadi prioritas adalah transportasi online; (3) Persentase perbandingan pemilihan moda transportasi umum dan transportasi online di Kecamatan Kupang Tengah adalah 1:4; dan transportasi online lebih diprioritaskan dibandingkan dengan transportasi umum pada masyarakat Kecamatan Kupang Tengah.


Keywords


Moda Transportasi, Pemilihan, Transportasi Umum, Transportasi Online

References


Adisasmita, S. A. “Perencanaan Infrastruktur Tansportasi Wilayah.” Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012.

Riswanda, Andi. “Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional (Studi Kasus Penarik Becak Di Banda Aceh)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh, 2019.

Sidik, Suyanto. “Dampak Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Terhadap Perubahan Hukum dan Sosial Masyarakat”. Jurnal Ilmiah Widya Volume 1 Nomor 1 Mei – Juni 2013.Jakarta, 2013

Amajida, Fania Darma. “Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online “Go-Jek” Di Jakarta”. Jurnal Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi Volume 46. Nomor 1. Juni 2016 Jakarta, 2016.

Damayanti, Claudiya A. Septi. “Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya”. Journal Universitas Airlangga. Surabaya, 2017.

Aziah, A., & Rabia, P. “Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia)”. Cakrawala - Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, Volume 18 No.2 September 2018 Jakarta, 2018.

Anindhita, W., Arisanty, M., dan Rahmawati, D. “Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna pada Bisnis Transportasi Ojek Online”. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC. Universitas Bakrie, Jakarta, 2016.

Wahdan, Nur. “Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology (Utaut) (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Gojek Di Semarang)”. Journal of Transportation Technologies Volume II No. 1. Semarang, 2020.

Yunus, M. “Go-Jek Sebagai Simbol Perubahan Sosial dan Ekonomi Di Kota Tegal”. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Volume 2 Nomor 2, . Surakarta, 2018.

Rosa, A., dan Widad, A. “Faktor-Faktor yang Membedakan Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Dalam Kota (Studi Kasus Angkutan Umum Konvensional dan Berbasis Online)”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(3), Palembang, 2017.

Atmiyanur, Suta Dwi. “Optimasi Kebutuhan Transportasi Angkutan Konvensional Di Kota Malang”. Skripsi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri. Insititut Teknologi Nasional. Malang. 2020

Suminar, L. Hindah. “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Jasa Transportasi trans Jogja”. Skripsi Program Studi Manejemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. 2020.

Badan Pusat Statistik. “Kecamatan Dalam Angka Kupang Tengah Tahun 2020”. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang. 2020.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D)”.Penerbit CV. Alfabeta: Bandung. 2015.

Fahrurrozi, “Analisis Layanan Ojek Online PT.Grab Indonesia Wilayah Surabaya dalam Perspektif Bisnis Islam”. Jurnal Ekonomi, Volume 1 No. 2, Surabaya, 2020.

Lewu, Yunardi Nikson. “Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Bus Rute Kupang- Atambua Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”. Skripsi Program Studi Matematika. Fakultas Sains dan Teknik. Universitas Nusa Cendana. Kupang. 2021.

Nosra, Rudi. “Analisa Pemilihan Moda Transportasi Penumpang dari Medan Meunju Bener Meriah antara Bus dan Mini Bus dengan Metode “Analitycal Hierarchy Process (AHP)”. Skripsi Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan. 2020.

Haradongan, Fedrickson. “Analisis Tingkat Kepentingan Pemilihan Moda Transportasi dengan Metode Ahp (Studi Kasus: Rute Jakarta-Yogyakarta)”. Puslitbang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian. Jakarta, 2014.

Albab, Muhammad Ulil. “Keamanan Transportasi: Potensi, Ancaman dan Strategi Menhadapinya”. Artikel: Suply Chain Indonesia. Bandung, 2016.

Warpani, Suwardjoko. “Merencanakan Sistem Perangkutan”, Penerbit: Institut Teknologi. Bandung, 1990.

Martin, Oka. “Analisis Kinerja Angkutan Umum (Studi Kasus Bus Sekolah Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat)”. Skripsi Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Alue Peunyareng. Meulaboh.2014.

Kwanto, Rico. “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Antara Transportasi Umum Konvensional Dan Transportasi Umum Online di Kota Palembang”. Skripsi Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sriwijaya. Palembang. 2016.

Tumewu, W. “Arah Pengembangan Transportasi Perkotaan di Indonesia”. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 8 No. 3. Jakarta, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.25104/wa.v49i2.548.60-68

Article metrics

Abstract views : 142 | views : 76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

WARTAARDHIA Indexed by:

Sinta Science and Technology IndexGoogle ScholarDirectory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesPKP IndexGarudaDimensionsDimensions

Copyright of Warta Ardhia (e-ISSN:2528-4045, p-ISSN:0215-9066) Sekretariat Jurnal Transportasi Udara, Jl. Medan Merdeka Timur No. 5 A Jakarta Pusat 10110. Tlp. (021) 34832944, Fax. (021) 34832968. Email:litbang_udara@yahoo.co.id; warta.ardhia@gmail.com.

    Creative Commons License 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
  Analytics View My Stats