Analisis Kapasitas Ruang Udara Medan East TMA Setelah Implementasi Rute PBN (RNAV1)

liber tommy hutabarat(1*), susi diriyanti novalina(2), morits sony sony(3), nisa azhari saragih(4)

(1) Politeknik Penerbangan Medan
(2) Politeknik Penerbangan Medan
(3) Perum LPPNPI Kantor Cabang Medan
(4) Politeknik Penerbangan Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Ruang udara terdiri atas beberapa sektor dengan keterbatasan atau kapasitas yang tentunya berbeda-beda. Hal ini dapat dipengaruhi banyak faktor yang kemudian dapat mempengaruhi optimalisasi ruang udara tersebut. Kapasitas sistem ATC dengan beban kerja sebagai indikator yang diperhituangkan, menjadi salah satu faktor yang difokuskan dalam menganalisis kapasitas ruang udara pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pessimistic Sector Capacity. Metode ini mengadopsi Document Eurocontrol Experiment Center (EEC) Note no.21/23 yang merupakan pengembangan metode regresi ATC Capacity Analyser Tool (CAPAN) untuk menghitung kapasitas sebuah sektor serta menganalisis regresi beban kerja petugas ATC dibandingkan dengan jumlah penerbangan pada suatu sektor. Data primer pada penelitian ini diperoleh melalui survei langsung terhadap kegiatan ATC yaitu saat memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan pada suatu sektor ruang udara selama 1 jam pada saat peak hours dalam kurun waktu 30 hari. Data sekunder yang diperlukan untuk mendukung analisis yaitu terkait jumlah penerbangan saat jam puncak, kondisi cuaca, dan rencana penerbangan. Hasil penelitian menunjukkan, setelah diimplementasikannya PBN (RNAV1), terdapat peningkatan nilai kapasitas ruang udara di sektor Medan East TMA dari 22 traffic/jam menjadi 25 traffic/jam. Selanjutnya, analisis ini dapat dijadikan baseline guna peningkatan kapasitas ruang udara di masa yang akan datang dalam rangka antisipasi permintaan lalu lintas penerbangan yang terus meningkat.

Keywords


Kapasitas Ruang Udara; Metode CAPAN; Performance-based Navigation



DOI: http://dx.doi.org/10.25104/wa.v47i2.404.116-124

Article metrics

Abstract views : 226 | views : 98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

WARTAARDHIA Indexed by:

Sinta Science and Technology IndexGoogle ScholarDirectory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesPKP IndexGarudaDimensionsDimensions

Copyright of Warta Ardhia (e-ISSN:2528-4045, p-ISSN:0215-9066) Sekretariat Jurnal Transportasi Udara, Jl. Medan Merdeka Timur No. 5 A Jakarta Pusat 10110. Tlp. (021) 34832944, Fax. (021) 34832968. Email:litbang_udara@yahoo.co.id; warta.ardhia@gmail.com.

    Creative Commons License 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
  Analytics View My Stats