Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Porter (Pembawa Barang) dan Tingkat Pelayanannya di Bandara Internasional

Muhammad Yusuf(1*)

(1) Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara
(*) Corresponding Author

Abstract


Bandar Udara Soekarno Hatta merupakan pintu gerbang negara Indonesia. Hal ini dikarenakan keberadaannya yang berlokasi dekat dengan Ibu Kota Negara yaitu Kota Jakarta. Sebagai pintu gerbang, Bandara Soekarno Hatta merupakan Bandar Udara Internasional yang diharapkan dapat mencerminkan jiwa dan raga negara Indonesia yang kaya akan budaya dan memiliki pesona alam yang indah.
Tetapi sayangnya, citra tersebut tidak didapatkan Bandara ini karena nilai pelayanan yang dianggap rendah oleh para pengguna jaga baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini terdapat berbagai macam cela yang menurunkan citra Bandara Soekarno Hatta diantaranya masih banyaknya calo yang berkeliaran, fasilitas toilet yang terkesan kotor dan bau, serta munculnya porter (pembawa barang) liar, yang kadang kala meminta uang jasa jauh lebih tinggi dari nilai resmi. Kondisi ini tentunya meresahkan pengguna jasa Bandara.
Kepuasan maupun ketidak puasan pengguna jasa porter menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh masyarakat umum, anggota DPR dan YLKI. Kepuasan pengguna jasa porter ini ditentukan pula oleh kualitas barang/jasa yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi perusahaan penyediaan jasa pelayanan porter tersebut, yang pada saat ini khususnya dijadikan sebagai tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan.
Rendahnya tingkat pelayanan Bandara Soekarno Hatta yang disebabkan perilaku porter, telah menjadi bahasan bagi anggota DPR. Tetapi, kondisinya hingga saat ini tidak juga berubah. Untuk meningkatkan citra Bandara Soekarno Hatta dan keberadaan serta pelayanan porter maka perlu suatu kajian mengenai analisa terhadap keberadaan porter (pembawa barang) dan tingkat pelayanannya terhadap penumpang di bandar udara Internasional Soekarno Hatta.


Keywords


porter, kinerja, kepuasan penumpang

Full Text:

PDF

References


A. B. Susanto, 2006, Menyongsong Dinamika Persaingan, Majalah Eksekutif

Anggraeni, 2004, Peran Angkutan Massal KA Komuter SUSI Terhadap Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Wonokromo-Aoha, UNESA

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, 2005, Blue Print Transportasi Udara, Departemen Perhubungan

http://www.bkpm.go.id/en/file/Pen-Perhubungan2.doc, Penjelasan Sektor Perhubungan

Irvani, 2004. Kajian Kualitas Pelayanan Bis Kota Jenis Patas AC Trayek Bungur Asih-Perak, ITS

Kajian Swakelola Mengenai Keselamatan Transportasi Udara, 2005. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Udara Departemen Perhubungan.

Kotler,Philip(1997), Manajemen Pemasaran: Analisi, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, PT. Prehallindo, Jakarta

Lindasari. E, 2005, Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Pesawat Terhadap Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) di Terminal Bandar Udara Bandara Hang Nadim-Batam, pusat penelitian dn Pengembangan

Perhubungan Udara Departemen Perhubungan.

Morlok EK, 1995, Pengantar Tehnik Perencanaan Transportasi, Erlangga

Perhubungan Udara dalam Angka, 2005, Pusat Penelitian dan Pengembangan

Perhubungan Udara Departemen Perhubungan.

Riduwan, 2004, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta Bandung

Sistranas, 2003, Sistem Transportasi Nasional, Departemen Perhubungan

Supranto, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Edisi Baru, Jakarta, PT.Rineka Cipta

Tamin OZ, 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Edisi ke-2, ITB Bandung

Wibowo, 2003, Amlisis Tingkat Umum Prasarana Terminal Rajabasa Kota Bandar Lampung. ITS

Wulan Fitrianti, 2006, Deskripsi Tingkat Kepuasan Penumpang Garuda Indonesia, UGM




DOI: http://dx.doi.org/10.25104/wa.v34i2.62.194-207

Article metrics

Abstract views : 873 | views : 291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

WARTAARDHIA Indexed by:

Sinta Science and Technology IndexGoogle ScholarDirectory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesPKP IndexGarudaDimensionsDimensions

Copyright of Warta Ardhia (e-ISSN:2528-4045, p-ISSN:0215-9066) Sekretariat Jurnal Transportasi Udara, Jl. Medan Merdeka Timur No. 5 A Jakarta Pusat 10110. Tlp. (021) 34832944, Fax. (021) 34832968. Email:litbang_udara@yahoo.co.id; warta.ardhia@gmail.com.

    Creative Commons License 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
  Analytics View My Stats